Tuesday 4 November 2008

Hubungan Unisba Dojo dan Unpas Dojo

Sepeninggal Sensei Atsushi Yamada pada tahun 1997, yang saya dengar juga pernah sesumbar bahwa tanpa kehadiran dirinya UAC akan bubar... Mohon Ma'af Sensei, kami kira tidak begitu... Kami para senior Unisba Aikido Club (UAC) yang juga termasuk pendiri UAC berupaya mempertahankan keberadaan Club di Unisba. Kami tetap melakukan latihan reguler, saat itu setiap Hari Senin dan Kamis Pukul 19.00-21.00.
Yang aktif berlatih dan memberikan instruksi (instruktur) di depan adalah Didih Van Damme (agak mirip) hehehe, Saya biasanya jadi ukenya, ada Juga Agus Hermawan dan Budiana (Roges) Serta Anwar (Jack)dan Asep (Kampak).

Suatu ketika ada seseorang yang kemudian diketahui bernama Rommy mendaftar untuk ikut berlatih, ia berasal dari Unpas Jl. Tamansari. Kemudian disusul rekan-rekan yang lain yaitu Bayu, Hendra dan Kiki Badru, semuanya berjumlah 4 orang awalnya (Four Horsemen???) :) di belakang hari Ohim (Fauzil Rohim) dan Eka menyusul ikut berlatih.

Setelah beberapa periode latihan, sekitar 3 bulan, Kami sepakat untuk membuka dojo di Unpas Jl. Tamansari, Alhamdulillah berhasil dan anggotanya bertambah, lumayan banyak. Pembukaan dojo di Unpas bukan tanpa masalah, hal yang jadi masalah utama saat itu adalah mengenai tempat berlatih, akhirnya kami berhasil mendapatkan tempat di "Koridor Masjid Unpas Jl. Tamansari".

Dojo Unpas ini sangat menggembirakan, khususnya bagi Saya secara Pribadi, karena saya merasa prihatin dengan perkembangan dojo di Unisba yang saat itu dapat dikatakan sangat sepi sekali. Yang berlatih paling hanya sampai 4 orang termasuk saya dan Didih. Ada kekhawatiran Dojo unisba (UAC) akan ditinggalkan dan bubar. Alhamdulillah, hal itu tidak terjadi,

Dengan kebesaran hati para anggota dari Unpas, walaupun mereka sudah memiliki tempat berlatih sendiri, mereka mau tetap mau berlatih di Unisba, sehingga kami susun Jadwal jadi 4x berlatih dalam satu minggu, di Unisba Senin dan Kamis, di Unpas Selasa dan Jum'at, Frekuensi latihan yang cukup padat dengan anggota yang berlatih yang sama.... hehehe....
Tetapi pointnya bukan itu, Tetapi Kemauan untuk Mempertahankan Keberadaan (eksistensi) Unisba Aikido Club.

Gelombang kedua kontribusi dojo Unpas dalam mempertahankan eksistensi UAC adalah pada sekitar tahun 2001, Didih sudah tidak aktif(ke Ciamis) sejak 1998, Roges, Jack terikat pekerjaan. Saat itu komponen dari KOM Unpas ikut aktif dan dimotori oleh Agus Gaek, Edu, Lulu, Kinoy,Camay dll. Kasus yang terjadi serupa, Unisba sepi.... dan merekalah (Unpas) yang membantu saya membuat eksistensi UAC tetap ada....
Bagi yang pernah sesumbar bahwa tanpa kehadiran dirinya UAC akan bubar, Ma'af hal itu tidak terjadi...!!

Hal penting lainnya adalah pada tahun 2007, kami mengadakan pertemuan di Unpas-Tamansari (Plasa) dan bersepakat untuk menyelenggarakan pengadaan TATAMI. Kami patungan, dari Unpas saat itu yang saya ingat ada Rommy, Kiki Badru, Hendra, Agus Gaek, Tria. Dari Unisba hadir Dasuki, Novi. Alhamdulillah, walaupun sederhana, kami akhirnya memiliki TATAMI 6 lbr ukuran 120cmx240cm, tebal 2,5cm. Lumayan lah, daripada terus di lantai keramik, kasihan para pemula ya.... atau malah jadi pada manja....???? hehehehe...

Bagi saya selaku pelaku sejarah UAC ini, peran Dojo Unpas bagi Unisba Aikido Club adalah ibarat Kaum Anshor bagi Muhajirin, Madinah bagi Mekkah.

Jadi, saya harap semua anggota Unisba Aikido Club untuk mengingat hal ini dan menghayati dengan sebaik-baiknya. Saya tidak pernah mengajarkan untuk menjadi orang yang picik, yang apriori, jadilah orang yang merdeka yang menghargai sejarah dan para pahlawannya...

Bagi rekan-rekan yang ingin memberikan tambahan, saya persilakan...

Unpas dan Unisba adalah satu tubuh.

Allohumma 'qod balaghtu, Fashad..!
Ya Allah, telah aku sampaikan, maka SAKSIKANLAH..!

semoga bermanfaat,
Allohu'alam bishshowab.

2 comments:

  1. he3 :D
    jd inget lg sepi2nya UAC :)
    latihan kadang cuman ber-4
    saya, ahmad dan aduh sapa namanya lupa gw :p
    where are you now guys?
    itupun plus a' Gatot :p
    demo "porsun" buat anak baru di kampus unisba, ber-2, sama a' Gatot jg
    he3 :D
    bayangin praktekin teknik2 dasar di panggung cuman ber-2, dan saya jd uke trus -.-!
    Alhamdullilah sampe 2008 dojo masih jalan :)

    keep on rollin Unisba Aikido Club

    abdi
    = David Muslim =

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, David aya euy.
    episode yang itu belum ane ceritain vid,eta nanti saya bikin sequel di "DEFENDERS of UNISBA AIKIDO CLUB'
    rasanya tragis pisan nya....
    Ber-2 gedebag-gedebug di panggung, sayanya sambil pegang microfon deuih....
    Vid, kalo ada dokumentasi (foto) tolong di upload atau dikirim ke gatot_ps@yahoo.com nya....

    ReplyDelete

Lowongan Kerja