Sunday 3 May 2009

Pentingnya Pengakuan....

Sudah lama saya tidak posting di blog ini....
Pada kesempatan ini ada hal yang rada menggelitik pikiran saya.
Saya cermati berbagai kejadian, peristiwa...
Mulai dari Pekerjaan, rumah, Lingkungan, dan tidak lupa, Dojo....
Seringkali kita berkomunikasi dengan orang lain, baik di rumah, pekerjaan dan lain-lain...
Yang mungkin kita lupakan atau paling tidak, 'kurang kita cermati' adalah persoalan 'Pengakuan'...
Saya sengaja menggunakan kata ini karena dengan intonasi/penekanan yang berbeda akan diperoleh dua makna yang berbeda...
yang pertama 'pengakuan' dimana kita mengakui sesuatu hal... apakah itu pengakuan tentang keberhasilan seseorang, pengakuan tentang kesalahan yang kita lakukan.... dan lain-lain...
Kata yang sama dengan penekanan yang berbeda adalah 'peng-Akuan"...
Dalam kata ini lebih memunculkan 'Aku' nya... Ego....
Saat kita berbicara dan bertindak seringkali kita tidak sadar bahwa kita sedang melakukan 'Peng-Aku-an'. AKU kan Dan III, AKU kan Butuh 'anu'.... AKU kan begini dan Begitu....
AKU sabuk 'whatever'..... Banyak sekali atribut yang di-AKU-kan....
Segalanya yang baik-baik harus tentang dan untuk 'aku', segala yang buruk harus bukan tentang dan untuk 'aku'...
"aku sarankan dan kuusulkan hal-hal yang berguna buat 'aku' , kalau yang buruk-buruk sih terserah asal bukan buat 'aku'...."
Dengan 'Peng-Aku-an' ini bisa jadi tanpa disadari kita menafikan suatu 'pengakuan', bahwa apa yang terjadi 'sekarang' karena apa yang terjadi 'tadi'. Apa yang terjadi 'hari ini' berkaitan dengan yang terjadi 'hari kemarin'...
Karena besarnya peng-AKU-an ini orang jadi sungkan bahkan ogah melakukan 'pengakuan'...
Bahkan lebih dahsyat lagi 'berupaya keras dengan berbagai dalih & alasan' untuk melenyapkan/menghapus jejak-jejak yang akan menggiringnya kepada suatu 'pengakuan'....
Pahamilah, kalau tidak pandai-pandai mengendalikan 'peng-AKU-an' ini, Aikido akan sangat sukar....
Sadarilah.....


Allahumma 'qod balaghtu, FASHAD!
Yaa Allah, Telah aku sampaikan, maka SAKSIKANLAH!

Semoga Bermanfaat,
Allahu'alam bishshowab

ragap aikido unisba bandung indonesia

No comments:

Post a Comment

Lowongan Kerja